Chat

Google Akan Larang Private Profile di Layanannya

Bagi pengguna layanan Google, perubahan privasi yang baru saja diumumkan oleh perusahaan yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page ini layak disimak. Pasalnya per awal Agustus nanti, Google tak akan lagi membolehkan Google Profile disetting private.
Ya, hingga akhir bulan ini, semua user yang memiliki Google Profile harus ‘membuka diri’ alias membiarkan profile mereka tersedia secara publik.
Salah satu alasan dari Google mengharuskan semua profile bisa diakses oleh umum ialah untuk mencapai tujuan dari Google Profile sendiri yakni membantu orang menemukan dan terkoneksi satu sama lain secara online.

Akan tetapi bukan lantas semua informasi pribadi yang ada di Google Profile akan bisa dibaca semua orang. Google masih memberikan kontrol bagi para pengguna untuk menentukan informasi mana yang boleh dishare dan mana yang tidak. Di sini, yang tidak boleh ‘disembunyikan’ oleh user hanyalah nama lengkap serta gender saja. Untuk informasi lain, pengguna masih bisa mengeditnya atau menghapusnya.

Bila Anda telah memiliki private profile dan tidak ingin informasi apapun termasuk nama dan gender Anda terlihat publik, Anda bisa memilih untuk menghapus profile Anda secara keseluruhan. Malah, sebenarnya Anda tidak harus melakukannya karena Google sendiri mengatakan akan menghapus semua profile yang disetting private setelah 31 Juli mendatang.

Rupa-rupanya, perubahan kebijakan yang dilakukan Google ini terkait dengan peluncuran situs jejaring barunya yakni Google+ di mana situs saingan Facebook ini terintegrasi dengan Google Profile. Bagi Google, pemakaian private profile di layanan mereka dianggap sebuah hambatan untuk berkompetisi dengan Facebook.

Masalah privacy memang selalu muncul ke permukaan apabila ada produk baru di internet. Di sini, Google selangkah lebih maju daripada Facebook yang sering tertimpa isu privacy. Selain bersikap transparan terhadap kebijakan privacy mereka, Google juga memiliki satu fitur yang penting untuk diketahui, terutama bagi mereka yang benar-benar menjaga privasinya di dunia maya. Fitur tersebut bisa ditemukan di halaman Google Profile-Edit Profile kemudian Search visibility. Di sini pengguna tinggal meng-uncheck bagian “Help others find my profile in search results” sehingga orang lain tidak bisa menemukan profile Anda di hasil pencarian Google.

Sumber: Venturebeat

1 comments:

Silahkan Tinggalkan komentar kamu

Kirim Update Info Terbaru Untuk
Sobat InfoAgus Langsung ke Email Sobat !