Chat

7 HAL YANG MEMBINASAKAN


Oleh: Agus Setiawan
حدثنا عبد العزيز بن عبد الله قال: حدثني سليمان بن بلال، عن ثور بن زيد المدني، عن أبي الغيث، عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (اجتنبوا السبع الموبقات). قالوا: يا رسول الله: وما هن؟ قال: (الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف، وقذف المحصنات المؤمنات الغافلات).
Hadist diatas terdapat di dalam shahih Bukhori, no. 2615, kitab washaya, Bab Qaulihi Ta'ala…An Nisa':10. Setelah ditelusuri diberbagai literatur lainnya, hadist tersebut juga terdapat di dalam:
  1. Shahih Bukhori, no. 6465, kitab hudud, bab Ramyul muhshanat, dengan redaksi sebagai berikut:
حدثنا عبد العزيز بن عبد الله: حدثنا سليمان، عن ثور بن زيد عن أبي الغيث، عن أبي هريرة،
عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (اجتنبوا السبع الموبقات). قالوا: يا رسول الله، وما هن؟ قال: (الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف، وقذف المحصنات المؤمنات الغافلات).
  1. Shahih Bukhari, no. 5431, kitab thibb, bab As sirku was sihru minal muubiqaat, dengan redaksi sebagai berikut:
حدثني عبد العزيز بن عبد الله قال: حدثني سليمان، عن ثور بن زيد، عن أبي الغيث، عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (اجتنبوا الموبقات: الشرك بالله، والسحر).
  1. Sunan abu Daud, no. 2874, kitab washaya, bab ma ja a fi tasydid fi aqli malil yatim, dengan redaksi sebagai berikut:
حدثنا أحمد بن سعيد الهمداني، حد ثنا ابن وهب، عن سليمان بن بلال، عن ثور بن زيد، عن أبي الغيث، عن أبي هريرة أن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قال: "اجتنبوا السبع الموبقات" قيل: يارسول اللّه، وما هنَّ؟ قال: "الشرك باللّه، والسِّحر، وقتل النفس التي حرم اللّه إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولِّي يوم الزحف، وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات".
Adapun artinya yaitu: Jauhilah tujuh perkara yang membawa kepada kehancuran atau kebinasahan. Para sahabat bertanya, apakah ketujuh perkara itu, wahai Rasulullah? Beliau menjawab, "Yaitu syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan agama, memakan riba, memakan harta anak yatim, membelot dalam peperangan dan melontarkan tuduhan zina terhadap wanita-wanita mukminah yang terjaga dari perbuatan dosa dan tidak tahu menahu tentangnya."
  1. Syirik
Syirik yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang merupakan kekhususan Allah, seperti berdo'a kepada selain Allah di samping berdo'a kepada Allah, atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih (kurban), bernadzar, berdo'a dan sebagainya kepada selain-Nya.[1]
Karena itu barangsiapa menyembah selain Allah berarti ia meletakkan ibadah tidak pada tempatnya dan memberikannya kepada yang tidak berhak, dan itu adalah kedzaliman yang paling besar, Allah berfirman yg artinya:
Artinya: "Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (Luqman: 13)
Demikian pula Allah tidak akan mengampuni orang musyrik, jika ia meninggak dunia dalam kemusyrikannya. Allah berfirman yang artinya:
Artinya: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya". (An Nisa': 48)
Jenis syirik
            Jenis syirik ada dua jenis, yaitu syirik besar dan syirik kecil:
a.       Syirik besar
Syirik besar bisa mengeluarkan pelakunya dari agama Islam dan menjadikannya kekal di dalam neraka, jika ia meninggal dunia dan belum bertaubat dari padanya. Syirik besar yaitu memalingkan sesuatu bentuk ibadah kepada selain Allah.[2]
Syirik besar pun ada empat macam:[3]
1)      Syirik dakwah (Do'a)
Yaitu di samping dia berdo'a kepada Allah ia berdo'a kepada selainnya. Allah berfirman yang artinya:
"Maka apabila mereka naik kapal mereka mendoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya; Maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)." (Al Ankabut: 65)
2)      Syirik niat, keinginan dan tujuan
Yaitu ia menujukan suatu bentuk ibadah untuk selain Allah. Allah berfirman yang artinya:
"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan Sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang Telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang Telah mereka kerjakan". (Hud: 15-16)
3)      Syirik keta'atan
Yaitu menta'ati selain Allah dalam hal maksiat kepada Allah. Allah berfirman yang artinya:
 "Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al masih putera Maryam, padahal mereka Hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan". (At Taubah: 31)
4)      Syirik mahabbah (kecintaan)
Yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal kecintaan. Allah berfirman yang artinya:
 "Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah". (Al Baqarah: 165)
b.      Syirik kecil
Syirik kecil tidak menjadikan pelakunya keluar dari agama Islam, tetapi ia mengurangi tauhid dan merupakan wasilah (perantara) kepada syirik besar.[4] Adapun syirik kecil juga terbagi menjadi dua macam:
1)          Syirik zhahir (nyata): yaitu syirik kecil yang dalam bentuk ucapan dan perbutan. Dalam bentuk ucapan misalnya, bersumpah dengan nama selain Allah. Adapun yang berbentuk perbuatan adalah seperti memakai kalung atau benang sebagai pengusir atau penangkal   mara bahaya.
2)          Syirik khafi (tersembunyi): yaitu syirik dalam hal keinginan dan niat, seperti riya' (ingin dipuji) dan sum'ah (ingin didengar orang).

  1. Sihir[5]
Sihir secara bahasa berarti sesuatu yang halus dan lembut sebabnya. Disebut sihir karena ia terjadi dengan perkara  yang tersembunyi dan yang tidak terjangkau oleh penglihatan manusia.
Adapun menurut syari'at sihir adalah 'azimah, ruqyah, buhulan (tali), ucapan, obat-obatan dan asap. Sihir mempunyai hakikat, diantaranya ada yang mempengaruhi jiwa dan badan, sehingga membuat orang sakit, membunuh, memisahkan antara suami dengan istrinya, dan semua itu terjadi dengan takdir kauniyah Allah.
Sihir masuk dalam syirik dari dua sisi:
Pertama, karena di dalamnya terdapat istikhdam (meminta pelayanan) dari syaithan-syaithan serta ketergantungan dan kedekatan dengan mereka melalui sesuatu yang mereka cintai agar syaithan-syaithan itu memberikan pelayanan kepada tukang sihir. Dan sihir itu sendiri adalah dari ajaran syaithan. Allah berfirman:
Yang
Artinya: "Hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). mereka mengajarkan sihir kepada manusia." (Al Baqarah: 102)
Kedua, di dalamnya terdapat pengakuan mengetahui ilmu ghaib dan pengakuan berserikat dengan Allah dalam hal itu. Ini adalah kekufuran dan kesesatan.
  1. Memakan Riba
Dalam kitab suci-Nya Al Qur'an, Allah tidak pernah memaklumatkan perang kepada seseorang kecuali kepada pemakan riba. Allah berfirman yang,
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), Maka Ketahuilah, bahwa Allah dan rasul-Nya akan memerangimu." (Al Baqarah: 278-279)
Pengharaman riba berlaku untul umum, tidak dikhususkan (sebagaimana diduga oleh sebagian orang) hanya antara si kaya dan si miskin. Pengharaman itu berlaku untuk semua orang dan dalam semua keadaan.
            Qatadah berkata,”Sesungguhnya orang yang makan riba itu akan dibangkitkan dalam keadaan gila pada hari kiamat. Itu merupakan tanda bagi mereka yang dapat disaksikan oleh seluruh manusia yang ada disana.”[6]
  1. Membunuh Jiwa Yang Diharamkan Allah
Artinya: “Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja Maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.”(An-Nisa’:93)
                Membunuh seseorang tanpa alasan atau sebab yang dibenarkan oleh agama adalah merupakan dosa besar diantara tujuh dosa besar yang terdapat didalam hadist diatas dan akan mendapatkan balasan dari Allah yaitu neraka jahannam seperti yang terdapat dalam ayat diatas.
            Akan tetapi apabila terdapat dua orang muslim yang saling bertengkar dan ingin sama-sama membunuh maka kata Rasulallah dalam hadistnya mereka akan masuk neraka dua-duanya,hadistnya sebagai berikut yang artinya:
“Apabila dua orang muslim bertemu dengan pedang terhunus, orang yang membunuh dan yang terbunuh dineraka.” Seseorang bertanya, “Wahai Rasulallah, tentang yang membunuh bisa dimengerti, bagaimana dengan yang terbunuh?” Beliau menjawab,”Karena ia sebenarnya sangat ingin untuk membunuh temannya.” [7]
            Abu Sulaiman ra. Memberi penjelasan,”Hadist ini berlaku jika dua orang itu saling berbunuhan karena selain ta’wil. Artinya jika keduanya berbunuhan karena kebencian  yang ada diantara keduanya.
  1. Memakan Harta Anak Yatim
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, Sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).”(An Nisa’:10)
Abu Sa’id al-Khudriy ra. Meriwayatkan dalam mengisahkan perjalanan mi’rajnya Rasulallah saw, “Tiba-tiba aku berhadapan dengan orang-orang yang mulut mereka dibuka secara paksa oleh para malaikat adzab, lalu datang malaikat-malaikat lainnya sambil membawa bebatuan dari neraka,kemudian dimasukkan ke dalam mulut mereka hingga keluar melalui dubur mereka, aku bertanya kepada jibril,”Wahai jibril, siapakah mereka itu?” jibril menjawab





[1]  Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan, Kitab Tauhid 3, Jakarta: Darul Haq, 1999. cet. 1, Hal. 5
[2]  Ibid, hal. 8
[3] ibid
[4]  Ibid, hal. 10
[5]  Ibid, hal. 35
[6]  Pustaka Arafah :solo ,Besar Dosa-Dosa ,Imam Adz Dzahabi
[7] 24 :hal ,ibid

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan komentar kamu

Kirim Update Info Terbaru Untuk
Sobat InfoAgus Langsung ke Email Sobat !