Chat

SIAPA TAKUT JADI AKHWAT ?

Kesannya kok serem banget. Susah banget jadi ikhwah itu. Palagi sampe jadi aktivisnya. Sehingga sampai harus berpikir dua kali ketika diajak bergabung halaqoh atau masuk ke dunia ikhwah. Itu kesanku ketika beberapa kali mengalami penolakan ketika mengajak orang untuk bergabung dengan kafilah dakwah ini. Hanya untuk mengikuti kajian rutin saja, mereka menolak. Ada apa sih ? Toh..sebenarnya itu semua untuk kepentingan mereka sendiri. Jawabannya, kadang belum siap, takut, serem dll. Mang susah ya jadi ikhwah itu ?

Bahkan ketika lebaran kemarin…mantan gengku waktu SMA silaturahim ke rumah…aku sempat bertanya, kenapa sih kok ga jadi ikhwan ? Padahal kan di Perguruan Tinggi favorite tempat mereka dulu kuliah kutahu marak banget kegiatan keislaman seperti yang kukenal. Sapa yang ga ngerti UI, UGM, ITB, IPB ? Eh..jawabannya tak terduga, ..serem katanya !

Mosok serem sih ? Perasaan biasa aja sih..sesuai dengan fitrah kita sebagai hamba Allah. Ga ada yang menyimpang sama sekali kok ! Eh malah di timpalin...iya kamu aja yang akhwat jadi-jadian jadi tidak seperti itu ! Weleh perlu tersinggung nih.... Mang seperti apa sih yang ikhwah sungguhan ? tanyaku...

Katanya...Jadi ikhwah itu menyeramkan ! Tidak boleh ini, tidak boleh itu...pokoknya yang bau dunia yang ‘indah-indah’ tidak ada dalam kamus mereka. Pokoknya harus seriuuuuuuuusss mulu ! Kaku, pokoknya isinya cuma ngaji, ngaji dan ngaji aja. Hehehe...tak tahu dia...

Lihat konser musik ga boleh, pacaran ga boleh, pake baju yang seksi ga boleh. Wis pokoknya hidup mesthi lurus-lurus aja ! Aku cuma nyengir doang...habisnya aku ga ngerasa githu sih..aku ga ngerasa kalo jadi akhwat itu susah, yang terikat dengan begitu banyak aturan, dan lain-lain, yang akhirnya seakan hidup kita jadi ga enjoy blass...adanya cuma tilawah, ngaji, jihad, dakwah..dll. Mang bagian itu iya, tapi ga mulu itu aja deh perasaan.

Kalo ga boleh pacaran (ngedeketin zina), harus pake jilbab, ga boleh mabuk-mabukan, ga boleh makan barang haram,..itu sih, ga jadi ikhwah pun ya memang harus seperti itu aturan mainnya. Kecuali kalian bukan mengaku beragama islam, yang berpedoman pada al qur’an dan as sunah. Itu sih..aturan yang memang dari sananya dah cetho welo-welo yang ga butuh penafsiran lain.

Tapi ketika pagi tadi tak pikir-pikir...memang ada sih beberapa ‘etika’ di ikhwah yang akhirnya jadi menimbulkan kesan, kalau jadi ikhwan atau akhwat tuh susaaaaaahh banget. Itu ‘etika juga ga jelas siapa yang tandatangan sebenarnya. Tapi jadi seperti pakem. Yang sering juga aku dibuat keqi dengan ‘etika’ itu. Mungkin sering kenanya itu kali..

Aku mungkin masuk dalam kategori akhwat jadi-jadian itu kali ya..jadi sering kena tegur, taujih atau sindiran atau malah jadi sumber gara-gara. Lupa aku, berapa kali harus berurusan sama yang seperti itu. Ups..berarti ndableg bener aku ya..Weleh.... Juga aku baca beberapa artikel yang menyayangkan atau ga setuju dengan akhwat atau ikhwan yang ‘keluar jalur’ dari jalur etika umum itu.

Diantaranya pernah ada yang protes dengan hobi kami. Waktu itu olahraga rutinku masih tenis lapangan dan renang, Aku memang sukanya memang rame-rame. Aku ajak aja adik-adik untuk bergabung. Hasilnya ? Hame pasti…! Eh, ada beberapa suara yang tidak suka dengan olahraga kami. Akhwat itu ga pantes renang, atau tennis di lapangan githu… nanti kalau kelihatan laki-laki gimana ? Mendhing buat kegiatan yang pantes githu lho…masak kek, jahit atau yang lainnya. Coba buat baca buku..dapet berapa aja tuh ?

Aku termasuk yang sewot. Kok segithunya sih? Memangnya kita-kita jadi tidak baca buku hanya karena tennis atau renang. Lagian kita juga dah mikir lah…aturannya juga kan tidak kami langgar, renangnya juga kan tidak campur ma laki-laki. Renangnya juga pake baju panjang dan jilbab.

Juga pas tennis, juga ga campur sama lain jenis githu, nutup aurat juga. Kalo ada kepergok laki-laki (yang jaganya)..biasanya yg tadinya teriak-teriak pasti akan segera berubah sikap, jadi kalem..hehehe..

Juga soal jilbab ceria yang beberapa kali kubaca dari beberapa majalah. Intinya tidak pantes banget akhwat tuh pake baju ceria githu. Penyebab fitnah, malah ada yang menyindir dengan istilah akhwat high class.

Aku pengalaman hampir tiap kali dapat sindiran kalau lagi pakai baju kantor. Akhwat…baju kok genjring banget githu lho… Ya, gimana lagi, seragam kantorku memang dah gini, senin hitam putih, selasa orange cerah (lihat tablet fitamin Vit C, lihat bajuku deh..), rabu merah (bukan sembarang merah, tapi merahnya merah ), kamisnya hijau segar, Jum’atnya karena aku piket TPT, dapet seragam batik kuning cerah. Kebayang kan betapa cerianya hari-hariku ?

Karena ga betah dengan sindiran soal cerianya baju ngantorku, aku siasati pake jilbab hitam, berharapnya nyala bajuku bisa keredam. Weh..tapi akhirnya ga betah juga..mosok dari senin sampai jum’at, jilbab hitam mulu karena biar matching ma roknya ? Dan pakai jaket kalau ada acara ikhwah pas jam-jam kantor. Itu aja masih aja kena sindir karena jilbabnya yang ceria itu. Tapi lama-lama EGP aja..mang akhwat mesthi bajunya gelap aja?

Juga, beberapa pakem, seperti.. ga ahsan pake jaket dan jilbab dimasukin. Atau juga pernah ada julukan akhwat selebritis untuk akhwat-akhwat kampus yang pakai tas gamblok di punggung.

Rese’ banget ya…dan susah banget githu kesannya mo jadi akhwat. Pa lagi kalo yang ngikut anggapan, musik/nasyid haram, fiksi haram, ini itu ga boleh.. bid’ah ! Byuh..tentu lebih jauh lagi. Pa iya sih..syariat islam itu begitu susahnya dan begitu seramnya. Yang kutahu sih..islam itu indah dan membahagiakan yang memeluknya.

Kalau itu tidak melanggar syari’ah..atau masih berkutat pada masalah yang masih khilafiyah (ada perbedaan pendapat) ..napa mesthi kita ribuuuuuut mulu? Jadi menimbulkan kesan mo jadi ikhwan atau akhwat aja kok susah banget. Akhirnya malah terjebak pada masalah yang tidak esensial. Lebih ngributin akhwat berjilbab ceria daripada prihatin dengan kasus dilarangnya pakai jilbab yang nyar’i di beberapa instansi misalnya.

Aku tidak menafikkan bahwa da’wah ini, tidak akan terhasung kecuali oleh orang- orang yang senang mengambil rukhsah (keringanan). Tapi apa iya sih, orang-orang yang serius itu jadi sebegitu kakunya ? Sampai –sampai kehilangan oase jiwa, romantisme dan rasa seni dalam dirinya.

Yang tawazun aja lah…tapi juga jangan terlalu sak kepenak e dewe. Memang lucu sih…kalau hanya dateng ke taklim aja, dandannya seperti mau ke pesta walimahan. Memang mata jadi sepet juga mandangnya kan ? Kasihan juga lah ma ikhwan yang tersepona.Tahu tempat aja lah..

Atau bernasyidnya mengalahkan tilawahnya. Baca komiknya, novel, dll..mengalahkan buku-buku yang menambah tsaqoffah islamiyahnya. Koleksi bukunya kalah sama koleksi barang lucunya.

Atau segithu kencengnya menjaga hijab, sampai cara ngomongnya lebih mirip ngebentak daripada sekedar ngomong. Judes amat …biasa ajalah. Suer, mengalir ajalah…nikmat kok jadi akhwat tuh..selamat dunia akhirat deh. Dan ga akan ada istilah bosan jadi akhwat (istilah lainnya futur ngono lho..) buktiin deh..

Eit's...tunggu, aku nulis ini bukan hendak membela diri, aku mang dah stelannya begini. Gi mati-matian berproses. Atau juga aku apriori ma ikhwan akhwat yang jempolan itu, dan mempengaruhi yang lain untuk tidak seperti mereka. Bukan ! Kepada mereka yang lurus-lurus aja, aku acungin lima jempol deh..(satu pinjem temen bentar ya..). Aku malah suka membayangkan yang indah-indah soal sampeyan lho...Suer !

Kalau nasyid aja diharamkan, fiksi diharamkan, wah..tahu tidak, bayanganku soal sampeyan itu, tilawahnya sehari bisa berjuz-juz, hafalan qur'annya wuih..ga kebayang dah. Soalnya kan ga mungkin mengharamkan nasyid, tapi menikmati DEWA atau Peterpan kan ? Fiksi haram, Pi Harry Potter jalan...kecuali kalau semua itu cuma wacana doang. Ilmu tanpa amalan.

Pokoknya wuih aja deh... kalau tidak sampai seperti itu, lha waktu yang begitu banyak, buat apaan aja ? buat tidur dan bengong aja ? atau habis buat...hm..hm..jiddal ya ? hehehe..afwan..ga kebayang githu lho..

Soalnya, sodaraku yang anggota tim nasyid tenar aja, suka konser kemana-mana, bisa tilawah seharinya lebih dari satu juz, hafalan qur'an lebih dari lima juz. Juga ikhwah yang suka demo, amanah banyak aja baca bukunya bisa begitu banyak. Pakai logika wong bodo aja sih aku..

Salut kok dengan ikhwah yang model lurus-lurus githu..dah pinter, aktivis, hijabnya kenceng..pokoknya yang indah-indah deh... Tapi bukan berarti kami-kami yang masih merangkak tidak berhak untuk gabung di kafilah dakwah ini kan ? Karena kuyakin..islam itu indah, tidak mesthi seragam lah semuanya itu..pi berproses githu lho..dan sepertinya juga tidak harus seperti pakem itu lah..(hehehe..itu menurutku seh... Jadi ikhwah itu sesuai fitrah kok...jangan ngeri lah !

So, sapa takut jadi akhwat ? Jadi aktivis sekalipun,…enjoy aja lagi !
 
Oleh : Atik 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan komentar kamu

Kirim Update Info Terbaru Untuk
Sobat InfoAgus Langsung ke Email Sobat !